Sabtu, 18 Februari 2012

Banyak Minum Air Putih Juga Bahaya Bagi Tubuh

Air putih itu sehat. Banyak minum air putih bagus untuk kulit, rambut, kuku, melindungi organ dan jaringan tubuh, membantu melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati. Siapa pun tahu itu. Gara-gara pengen banget punya tubuh sehat luar dan dalam tiap waktu luang aku pasti minum. Siapa sih yang gag mau sehat? Selain caranya murah juga mudah dapetin air mineral dimana-mana. Lama-lama jadi ketagihan juga minum air putih waktu liat efeknya bagus untuk kulit, yang bikin cape cuma harus bolak-balik ke WC untuk buang air kecil. Tapi aku ga nyangka lho ternyata banyak minum air putih juga bisa bahaya bagi tubuh. Awal ceritanya tuh waktu aku ama temen-temen iseng untuk cek kesehatan, waktu itu gratis malah. Cuma cukup mendata tinggi badan trus berdiri di atas timbangan badan elektronik. Waktu itu si cuman pengen nanya gimana caranya biar cepet gendut (berhubung aku banyak makan tapi berat badan gini-gini aja, gak ada salahnya buat cari tahu). Sebelum nimbang sempat dikira cacingan. hehe,. Kaget. Tapi abis nimbang baru tau alasannya. Cuma sepele kok, kebanyakan minum air putih! Lho ko?? Kata kakanya, kandungan air dalam tubuhku tinggi banget, udah diatas batas kewajaran. Terus hubungannya apa? Ternyata air putih itu menekan lemak. Pantes banyak makan gak ngaruh apa-apa. Berat badan jadi susah banget nambah. Selain itu terlalu banyak minum air putih juga bahaya bagi tubuh.

HATI-HATI ! BAHAYA MINUM TERLALU BANYAK !

Sering kita mendengar istilah banyak-banyak minum air putih atau minumlah air minimal delapan gelas sehari. Memang kekurangan air putih akan membuat tubuh kita yang sebagian besar adalah cairan menjadi dehidrasi. Namun ternyata, terlalu banyak minum air putih justru bisa membunuh kita. Wah kok bisa ya… Kenapa ya?

Pada kondisi seseorang yang sedang lelah, semisal sehabis olahraga, biasanya langsung menenggak air putih dalam jumlah yang banyak dan seringkali tanpa kontrol. Hal ini berbahaya, karena pada saat itu, tubuh sedang bekerja keras, dan kinerja ginjal berkurang.
Pasokan air putih dalam ginjal tidak bisa keluar sebanyak yang ditambahkan, sehingga kemudian oleh ginjal ditambahkan ke dalam darah. Darah kemudian menjadi terlalu encer, dan kandungan sodium berkurang.
Kondisi ini disebut dengan hyponatremia. Kelebihan air ini kemudian akan diserap oleh sel sel tubuh, demikian pula dengan sel otak. Otak membengkak karena tekanan darah naik. Otak yang membengkak ini tertahan oleh tengkorak kepala, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada banyak tempat.

Minum air terlalu banyak juga bisa menyebabkan keracunan air, dimana air terlalu banyak di dalam tubuh, sehingga nutrisi lain di dalam tubuh menjadi terlarut dan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, kondisi yang disebut hiponatremia. Kondisi ini yang membuat kadar garam dalam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Semua kerusakan ini bisa menyebabkan stroke karena tekanan darah yang tinggi, koma, kebutaan dan bahkan kematian. Semua karena tekanan air yang sangat besar dalam tubuh. Jadi lebih baik hati hati, pastikan jumlah air yang anda minum tepat, tidak lebih dan tidak kurang. Selain itu mengonsumsi air putih sesaat sebelum makan hanya akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan karena air yang diminum butuh waktu 30 menit lamanya untuk mengalir dari lambung menuju usus. Sebelum sempat mengalirkan air ke usus, kerja enzim bertambah berat dengan adanya makanan yang masuk. Itulah yang terjadi. Untuk itu, bila ingin meminum air untuk menghindari diri makan terlalu banyak, lakukanlah satu jam sebelum makan.


hahaha,. dari sini nih baru tau, "Mau sehat ?? Jangan berlebihan. Yang sedang-sedang aja" ^^

Tidak ada komentar: